Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas
Berita Nasional


Gelar Pangan Nusantara Momentum Kembangkan Pangan Lokal Indonesia

Gelar Pangan Nusantara (GPN) 2018 yang diselenggarakan sejak 27 – 29 Juli 2018 di Balai Kartini, Jakarta mampu menarik ribuan pengunjung untuk mengetahui berbagai potensi pangan lokal Nusantara, yang dikemas dalam bentuk pameran, keragaan, talkshow dan lainnya. GPN yang digagas Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian diikuti 100 peserta baik pemerintah ..

selengkapnya

Demi Swasembada Pangan, Anggaran Kementan Dinaikkan Dua Kali Lipat

Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan pemerintah berupaya mencapai target swasembada pangan. Sebab itu, anggaran Kementerian Pertanian pun dinaikkan hingga dua kali lipat dibandingkan anggaran Kementan di pemerintahan sebelumnya.Kenaikan anggaran ini dimaksudkan agar dapat menggenjot kebutuhan dasar pangan nasional. “Salah satu yang program pemerintah ialah menggenjot kebutuhan ..

selengkapnya

Tingkatkan Produksi, Mentan Minta Petani Percepat Langkah Tanam

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengatakan bahwa hingga saat ini pemerintah terus melakukan langkah tanam cepat untuk meningkatkan produksi pangan. Langkah tanam cepat merupakan kunci untuk meningkatkan produksi pangan. “Kita harus dorong masyarakat petani untuk terus mempercepat langkah tanam, setelah panen harus langsung cepat tanam kembali,” demikian kata Mentan ..

selengkapnya

Sireg DKP Wilayah Barat Tahun 2016

Sidang Regional (Sireg) Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten/Kota Wilayah Barat Indonesia (se-Sumatera dan sekitarnya) tahun 2016 telah dilaksanakan pada tanggal 16-18 Mei 2016 di hotel Mercure Grand Mirama, Surabaya - Jawa Timur. Sireg ini dihadiri 350 peserta yang terdiri dari Ketua DKP Kabupaten/Kota (Bupati/Walikota, Wakil Bupati/Walikota, Sekretaris Daerah, Asisten Daerah), ..

selengkapnya

Upayakan Peningkatan Produksi Jagung, Ini Langkah Kementan

Direktur Aneka Kacang dan Umbi Ditjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian, Maman Suherman mengakui bahwa di sektor tanaman pangan masih banyak hal yang terus untuk dibenahi, salah satu di antaranya adalah pada komoditas Jagung. Kementan sudah menyadari untuk mengatasi persoalan ini sejak awal tahun 2016 dengan meluncurkan berbagai upaya baik pada sisi produksi maupun penanganan pasca panen dan ..

selengkapnya

Kementan Godok Aturan yang Wajibkan Importir Tanam Bawang Putih

Meski mutunya rendah, bawang putih impor lebih disukai ketimbang bawang lokal yang mahal. Itu sebabnya, 95 persen kebutuhan bawang putih dalam negeri dipenuhi dari bawang impor. Untuk mengatasi soal itu, Direktur Budidaya dan Pasca Panen Sayuran Kementerian Pertanian (Kementan), Yanuardi berencana untuk mewajibkan importir menanam bawang putih di dalam negeri. “Ini masih usulan untuk ..

selengkapnya