Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas

Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tahun 2015

Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Tahun 2015

A. Tujuan

Adapun tujuan yang akan dicapai dari pelaksanaan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2015 adalah sebagai berikut :

  1. Merumuskan kebijakan dalam rangka mewujudkan Ketahanan Pangan provinsi dan kabupaten/kota dengan memperhatikan kebijakan yang ditetapkan Dewan Provinsi dan Dewan Kabupaten/Kota.
  2. Merumuskan kebijakan dalam rangka mendorong keikutsertaan masyarakat dalam penyelenggaraan ketahanan pangan.
  3. Meningkatkan komitmen Bupati selaku Ketua DKP Kabupaten Musi Rawas  dalam rangka mendukung perwujudan swasembada pangan dengan para pimpinan SKPD.
  4. Meningkatkan Koordinasi dan keterpaduan pengelolaan Ketahanan Pangan dan Gizi oleh Pemerintah bersama Masyarakat yang telah dilaksanakan Para SKPD.
  5. Merumuskan strategi pemerintah kabupaten Musi Rawas dalam mewujudkan kedaulatan pangan untuk menghadapi persaingan pasar global.

 B. Tema

Adapun Tema dalam rapat koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2015 adalah ”Melalui Koordinasi, Integrasi dan Sinkronsasi yang Baik Kita Ciptakan Ketahanan Pangan, Kemandirian Pangan dan Kedaulatan Pangan di Kabupaten Musi Rawas”.

 E. Narasumber dan Materi

Adapun narasumber dan materi yang akan disampaikan dalam Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2015 adalah sebagai berikut :

  1. Hendra Gunawan, Bupati Musi Rawas dengan materi : Komitmen Pemerintah Daerah dalam Upaya Pencapaian Kedaulatan Pangan Melalui Pemanfaatan Lahan Pertanian.
  2. Dr. Ir. M. Umar Harun, M.S, Badan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Selatan dengan materi : Peran Dewan Ketahanan Pangan Terhadap Pencapaian Ketahanan Pangan, Kemandirian Pangan, dan Kedaulatan Pangan di Daerah.
  3. Supriyadi, SH, MM, Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas dengan materi : Laporan Penyelenggaraan Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2015.
  4. Ir. Suharto, MM, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Musi Rawas dengan materi : Perencanaan Pembangunan Pangan dan Gizi di Kabupaten Musi Rawas.
  5. Ir. Heryanto, Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Musi Rawas dengan materi : Pengembangan Kawasan Sentra Produksi Pangan untuk Mewujudkan Swasembada Padi, Jagung, Kedelai dan Sejenisnya.
  6. Katon Wastowo, Kontak Tani dan Nelayan Andalan Kabupaten Musi Rawas dengan materi : Pengembangan Kawasan Sentra Produksi Pangan Berbasis Sumberdaya Lokal.

C. Penyelenggara

Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2015 diselenggarakan oleh Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas melalui Badan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas selaku Sektretariat Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas.

 D. Peserta

Peserta Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2015 sebanyak 50 orang yang terdiri dari :

  1. Assisten Bupati Musi Rawas.
  2. Staf Ahli Bupati Musi Rawas.
  3. Unsur Muspida Kabupaten Musi Rawas.
  4. Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas.
  5. Universitas Musi Rawas.
  6. Camat Se-Kabupaten Musi Rawas.
  7. Tim Penggerak PKK Kabupaten Musi Rawas.
  8. Kelompok Wanita Tani.
  9. Asosiasi Lumbung Kabupaten Musi Rawas.
  10. Kontak Tani dan Nelayan (KTNA).

 E. Waktu Dan Tempat Pelaksanaan

Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Musi Rawas Tahun 2015 dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2015 di Opp Room Pemerintah Daerah Kabupaten Musi Rawas.